PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN REMAJA
"Membuat Perangkat Mengajar Guru Pendidikan
Agama Kristen Remaja"
Nama : Murniwati Ndraha
Semester : VI (enam)
SILABUS
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti
Satuan Pendidikan : Sekolah Menengah Pertama (SMP)
Kelas : VII (Tujuh)
KOMPOTENSI INTI
K1 : Menghargai dan mmenghayati ajaran agama yang dianutnya
K2 : Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
K3 : Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
K4 : Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
KOMPETENSI DASAR |
MATERI POKOK |
PEMBELAJARAN |
PENILAIAN |
ALOKASI WAKTU |
SUMBER BELAJAR |
1.1. Menerima bahwa Allah dapat
mengampuni dan menyelamatkan
manusia melalui Yesus Kristus.
1.2. Bersedia mengampuni orang
lain. |
Allah Terus Berkarya.
Allah mengampuni
dan menyelamatkan manusia melalui Yesus Kristus. |
Mengamati: Mengamati karakter tokoh-tokoh
dunia dan tokoh Alkitab yang berkaitan dengan
sikap mengampuni.
Menanyakan:
Menanyakan
mengapa manusia perlu bertobat.
Makna pertobatan
dan apa artinya bagi
hidup orang beriman. |
Sikap: Penilaian diri sendiri dalam mensyukuri keberadaan sebagai
pemberian Allah.
Observasi sikap
mengampuni dalam kehidupan sehari- hari. |
2 mg x 2
jp (100 menit) |
Alkitab Standar
Isi Kurikulum PAK Buku Petunjuk
Guru PAK kelas VII Konkordansi Alkitab Diktat PAK kelas VII |
1.3 Menjelaskan bahwa Allah Mengampuni dan
menyelamatkan
manusia melalui Yesus Kristus.
1.4 Mempraktekkan
perilaku rendah hati, peduli dan
disiplin sebagai manusia yang telah
diselamatkan |
|
Mengeksplorasi: Berbagi pengalaman mengenai dosa dan pertobatan.
Pendalaman teks Alkitab Yohanes 8:1- 11 tentang perempuan
berdosa yang diampuni oleh Yesus.
Melakukan Pendalaman Alkitab dan
diskusi mengenai makna dan syarat
baptisan.
Mengasosiasi:
Memahami lagu dalam
kaitannya dengan
pengampunan.
Menjelaskan
arti pengampunan menurut Alkitab.
Mengkomunikasikan: Membuat
tulisan yang
menjelaskan arti bertobat
dan contoh pertobatan.
Melakukan kegiatan mengenai kejatuhan
manusia ke dalam dosa.
Menyusun
doa pertobatan dan doa
memohon pengampunan.
Melakukan permainan “Bertahan
dari
Godaan”.
Mempresentasikan hasil temmuan mengenai arti baptisan dan
syarat
baptisan.
Menulis puisi
yang mengimani pengampunan Allah dalamm
Yesus Kristus. |
Pengetahuan: Tes lisan: tentang pengalaman
siswa dalam mengampuni dan siampuni dan
tentang pengalamannya mengenai arti
mengampuni.
Tes tertulis:
mengenai makna bertobat dan pengampunan menurut Alkitab.
Ketrampilan:
Penugasan: membuat doa mohon pemngampunan
Membuat
puisi dan naskah drama kejatuhan manusia ke dalam dosa.. |
|
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan : Sekolah Menengah Pertama (SMP)
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti
Kelas/Semester : VII/I
Materi Pokok : Allah Terus Berkarya – Allah Mengampuni dan Menyelamatkan Manusia di Dalam Yesus Kristus
Alokasi Waktu : 4 mg x 2 jp (100 menit)
A. Kompetensi Inti
K1 : Menghargai dan mmenghayati ajaran agama yang dianutnya
K2 : Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
K3 : Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
K4 : Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
:
No |
Kompetensi Dasar |
Indikator Pencapaian Kompetensi |
1 |
1.1 Menerima bahwa hanya Allah yang dapat mengampuni dan menyelamatkan manusia melalui Yesus
Kristus |
1.1.1 Mengakui pengampunan
dan penyelamatan
manusia hanya melalui Yesus
Kristus 1.1.2
Menghayati pengampunan Allah dalam sikap kehidupan sehari-hari |
2 |
2.1 Bersedia
mengampuni
orang lain |
2.1.1 Menceritakan
pengalaman mengampuni dan
diampuni 2.1.2
Mengapresiasi secara tertulis teman yang dengan
rendah hati mau mengampuni sesamanya |
3 |
3.1 Menjelaskan
Allah mengampuni dan
menyelamatkan
manusia melalui Yesus
Kristus |
3.1.1 Menjelaskan
arti pengampunan dan penyelamatan
Alllah melalui Yesus
Kristus 3.1.2
Menjelaskan tujuan Allah
mengampuni dan menyelamatkan
manusia melalui Yesus
Kristus |
4 |
4.1 Mempraktekkan
perilaku rendah hati,
peduli, dan disiplin
sebagai manusia yang telah diselamatkan |
4.1.1 Mempraktikkan perilaku rendah hati, peduli pada orang lain
dan berdisiplin sebagai manusia
yang telah
diselamatkan 4.1.2
Menerapkan kerendahan
hati mau mengampuni seperti Allah
telah mengampuni |
C. Tujuan Pembelajaran :
Pertemuan 1
Setelah mengikuti serangkaian pembelajaran, peserta didik dapat:
a. Mengenal tokoh Nelson Mandela melalui kisah yang disampaikan guru, dan menemukan sikap mengampuni yang dimiliki tokoh tersebut
b. Menemukan tingkat kesulitan dalam mengambil sikap mengampuni
c. Mengakui pengampunan dan penyelamatan manusia hanya melalui Yesus Kristus
d. Menemukan dampak positf dan negatif dari sebuah pengampunan
e. Menemukan tujuan Allah mengampuni manusia dan mengomunikasikannya kembali di depan kelas
Pertemuan 2
Setelah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran maka peserta didik dapat:
a. mengidentifikasi perilaku Yusuf dalam Kitab Kejadian 45
b. menyadari bahwa jika mereka tidak mengampuni sesama, bagaimana mereka dapat mohon ampun pada Allah
c. Menjelaskan arti pentingnya mengampuni bagi orang Kristen dan memberiikan apresiasi kepada teman yang dengan kerendahan hati mau mengampuni.
d. Menjelaskan bentuk penghayatan akan pengampunan yang diberikan Allah kepada manusia, seperti rendah hati, peduli, dan disiplin.
e. Menerapkan kerendahan hati mau mengampuni seperti Allah telah mengampuni.
D. Materi Pembelajaran :
Pertemuan 1
a. Pengalaman
mengampuni dan diampuni
b. Arti pengampunan hanya didalam Yesus Kristus
c. Tujuan Allah mengampuni manusia
Pertemuan 2
a. Prinsip dasar pengampunan menurut iman Kristen
b. Arti pentingnya mengampuni bagi orang Kristen
c. Bagaimana cara menghayati sebuah pengampunan
E.
Metode Pembelajaran :
a. Pembelajaran Scientifik
b. Pembelajaran Kooperatif
c. Pembelajaran Discovery
F. Media dan Bahan :
b. Alat dan Bahan : cuplikan film passion of the Christ, cuplikan film Yusuf, LCD, Whiteboard
c. Artikel
: kisah hidup Nelson Mandela
d. Situs
internet : http://id.wikipedia.org/wiki/Nelson_Mandela
e. Lingkuan
sekitar
: kelas
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan 1
1.
Pendahuluan
a. Berdoa dan bernyanyi
bersama dipimpin oleh peserta didik
b. Apersepsi: Guru memberikan
pertanyaan tentang arti mengampuni menurut pandangan peserta didik
c. Guru memperlihatkan gambar seorang tokoh Afrika yang terkenal dan meminta peserta didik menceritakan kisah hidupnya menurut pengetahuan mereka.
2.
Kegiatan inti (80 menit – bila pertemuan 2 jam pelajaran)
a.
Mengamati :
Peserta didik bersama-sama dalam hati membaca kisah
Nelson Mandela, dan mengambil kesimpulan tentang sikap yang diambil oleh tokoh
tersebut tentang mengampuni
b.
Menanya :
Peserta didik membentuk kelompok dengan anggota 3orang, dan saling
bertanya tentang pengalaman mengampuni
dan tidak mengampuni yang terjadi dalam hidup mereka masing-masing
c.
Mengumpulkan data :
1.
Peserta didik menuliskan masing-masing pengalaman mengampuni
dan diampuni dengan berbagai tantangan yang dihadapinya
2.
Peserta didik menonton cuplikan film passion of the Christ
dan membandingkan pengampunan Allah dan pengampunan manusia
d.
Mengasosiasi :
1.
Peserta didik bersama-sama membuat kesimpulan tentang tingkat
kesulitan mengambil sikap mengampuni dan dampak positif negatifnya dari
tindakan mengampuni dan tidak mengampuni
2.
Peserta didik
mendiskusikan arti pengampunan hanya melalui Yesus Kristus
e. Mengomunikasi :
Peserta didik menemukan tujuan Allah mengampuni manusia dan menyajikannya didepan kelas secara bergantian sesuai arahan Gur
3. Penutup (10 menit)
a.
Peserta didik menerima tugas Guru untuk mengidentifikasikan
sikap Yusuf dalam Kitab Kejadian 45
b.
Menyanyi bersama sebagai ungkapan syukur kepada Allah
c.
Berdoa bersama dipimpin peserta didik sebagai ucapan
terimakasih kepada Allah.
Pertemuan 2
1.
Pendahuluan (10 menit
)
a.
Berdoa dan bernyanyi bersama dipimpin oleh peserta didik
b.
Apersepsi: Guru memberikan pertanyaan tentang tujuan
Allah mengampuni manusia
c.
Guru menginformasikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
2.
Kegiatan inti (80 menit – bila pertemuan 2 jam pelajaran)
a.
Mengamati
Peserta didik membaca kisah Yusuf dalam Kitab Kejadian 45 dan
mengidentifikasi sikap Yusuf yang
diteladani oleh manusia sekarang
b.
Menanya
Peserta didik mendalami bagian Alkitab berupa perumpamaan
yang diajarkan oleh Yesus, dan menyadari
bahwa jika mereka tidak mengampuni sesama, bagaimana mereka dapat mohon ampun
pada Allah
c.
Mengumpulkan data
Peserta didik mendalami perumpamaan mengampuni yang diajarkan oleh Yesus,
dan memahami arti pentingnya mengampuni bagi orang Kristen
d.
Mengasosiasi
1.
Melalui lagu “Dihapuskan Dosaku” yang diperdengarkan, peserta
didik menghayati pengampunan yang diberikan Allah kepada manusia
2.
Peserta didik mendiskusikan prinsip dasar pengampunan menurut
iman Kristen dan menyimpulkan bahwa untuk mengampuni dibutuhkan sikap rendah
hati
e.
Mengomunikasi
Peserta didik mengidentifikasi bentuk-bentuk penghayatan terhadap
pengampunan yang sudah Allah berikan kepada manusia, dan menyajikannya di depan
kelas secara bergantian sesuai pengarahan guru
3.
Penutup (10 menit)
a.
Peserta didik bersama
guru merangkum arti dan makna pengampunan dan membuat komitmen untuk mau
mengampuni dan mempraktikkan perilaku orang yang sudah diampuni dengan menjadi
orang yang rendah hati, peduli dan berdisiplin
b.
Menyanyi bersama sebagai ungkapan syukur kepada Allah
c.
Berdoa bersama dipimpin peserta didik sebagai ucapan
terimakasih kepada Allah.
TERIMAKASIH
GOD BLESS YOU
0 Komentar